Translate

Rabu, 21 Oktober 2015

Inspirasi Hidup Sukses - Tips dan Trik Cara Kita Agar Mampu Bergaul SIlaturahmi dan Bekerjasama - KokoLinds.Com

Mampu-Bergaul-dan-BekerjasamaMampu  bergaul  dengan  orang  lain  adalah  salah  satu  syarat  menjadi orang  wirausahawan.  Bergaul  bukan  dalam  hal  pribadi  saja,  melainkan membangun  networking,  relasi,  kerjasama  dengan  orang  lain.  Mengenal banyak  orang  berarti  akan  menambah  tingkat  orang  yang  Anda  kenali, dan  bahkan  mungkin  menjadi  teman  dan  sahabat  Anda,  yang  suatu  saat menjadi  rekan  bisnis,  customer,  bahkan  donatur  usaha  Anda.  Seorang wirausahawan  dituntut  untuk  mampu  membangun  relasi  dalam  dunia bisnis, customer, bahkan domatur dalam usaha anda.
Tindakan ini dimaksud kan untuk saling mengenal, saling bertukar pikiran,  dan  saling  bekerjasama  dalam  dunia  usaha Relasi memang bukanlah faktor penentu kesuksesan seseorang, tetapi faktor  yang  menunjang  kesuksesan  hidupnya.  Sebuah  hal  yang  mustahil rasanya,  jika  Anda  seseorang  yang  sukses,  tetapi  tanpa  mempunyai  relasi dalam  hidup.
Relasi  terjalin  dari  pergaulan  dengan  orang  lain  yang  berujung  pada kerjasama.  Tujuan  sebuah  relasi  adalah  penunjang  kesuksesan  di  dunia bisnis  sehingga  ketika  mengimplementasikan  sebuah  usaha  ia  akan  tertolong  oleh  hal  tersebut.  Misalkan  saja  seperti  ini,  saya  adalah  seorang wirausahawan  yang  bergerak  dalam  dunia  perhotelan  dan  saat  kuliah  saya
mempunyai  seorang  teman  yang  saat  ini  menjadi  direktur  di  sebuah  PT  di Indonesia.
Suatu  saat  ada  program  pelatihan  di  Yogyakarta  yang  mengharuskan  para  karyawan  perusahaan  teman  saya  tersebut  sebanyak  100 orang  harus  menginap  di  Jogja.  Sementara  itu,  saya  sendiri  adalah  pemilik salah  satu  hotel  di  Yogyakarta. Disebabkan  direktur  PT  tersebut  adaiah  teman  saya  sejak  lama,  maka ia memberikan rekomendasi unutk menginap di hotel saya, karena ia telah percaya dan yakin kepada saya. ia tidak memilih hotel yang lebih bagus meskipun  ia  mampu  untuk  membiayainya.  Tetapi,  karena  unsur  relasi  tersebut,  ia  memutuskan  untuk  bekerjasama  dengan  saya. Begitulah  pentingnya  sebuah  relasi yang dapat Anda  wujudkan  dengan menjalin  pertemanan  dalam  kehidupan,  dunia  bisnis,  dan  masih  banyak tindakan  lain  yang dapat  menciptakan  hubungan  relasi  bagi  seorang  wirausahawan.  Hal  ini  dimaksudkan  untuk  menciptakan  kerjasama  untuk  menggapai  hasil  yang  lebih  baik.
Belajar  Pentingnya  Kerjasama  ala  Unilever
Siapa  yang  tidak  tahu  dengan  Unilever?  Ya,  perusahaan  yang  berhasil menguasai  pasar  hampir  di  seluruh  penjuru  dunia.  Bahkan  hebatnya  adalah hampir seluruh  orang  di  dunia  telah  menggunakan  produknya,  khususnya  di Indonesia.  Produk  Unilever  yang  telah  merakyat  ini  sangat  digandrungi  oleh customer  karena  selain  memang  dibutuhkan,  Unilever  juga  memasang harga  yang  terjangkau  untuk  segala  kalangan  masyarakat  dengan  tidak mengabaikan  kualitas  produk  mereka.
Pandai  dalam  menangkap  segmentasi  pasarlah  salah  satu  penyebab Unilever  bisa  berkembang  dengan  begitu  pesat  dan  luas.  Produk  Unilever yang  menjangkau  hampir  seluruh  kebutuhan  masyarakat  adalah  salah satu  penyebab  mereka  dapat  menggapai  sukses.  Kebutuhan  masyarakat tersebut  mereka  optimalkan  dengan  memasarkan  kebutuhan  primer  dan sekunder  dari  masyarakat,  seperti  sabun,  sampo,  pembersih  wajah,  hand body,  makanan  kalengdan  instant,  dan  lain  sebagainya.  Segmentasi  pasar yang  memang  sangat  membutuhkannya  membuat  Unilever  berjaya.
Kunci  utama  sukses  Unilever  adalah  kerjasama.  Sejarah  lahirnya perusahaan  Unilever  diawali  dengan  persaingan  bisnis  antara  dua  buah perusahaan  besar,  yaitu  perusahaan  margarin  Belanda,  Margarine  Unie dan  perusahaan  sabun  Inggris,  Lever  Brothers  yang  saling  bersaing  untuk memperebutkan  hati  masyarakat.  Sedangkan  barang  yang  mereka  tawarkan  kepada  masyarakat  relatif  sama  sehingga  membuat  persaingan  besar antara  keduanya.  Bahkan  bukan  hanya  itu  saja  karena  pada  kenyataannya saat  itu  semakin  banyak  perusahaan  besar  dan  kecil  yang  berdiri  dengan jenis  produk  yang  relatif  sama  sehingga  bagi  mereka  itu  adalah  ancaman yang  harus  segera  dituntaskan.
Dalam  rangka  menyelesaikan  permasalahan  tersebut  keputusan  besar  diambil  oleh  kedua  perusahaan  raksasa  itu  yaitu  dengan  bergabung menjadi  satu  bagian.  Kerjasama  dari  dua  perusahaan  besar  tersebut  adalah  penyebab  mereka  masih  kokoh  hingga  sekarang  ini.  Selain  kekuatan  finansial  mereka  juga  kaya  akan  SDM,  teknologi,  relasi,  networking,  dan  hal-hal yang  menunjang  perusahaan.  Keputusan  untuk  bekerjasama  itulah  yang menyebabkan  mereka  sukses,  bahkan  mereka  mampu  memasarkan  produk  mereka  di  40  negara  di  dunia.
Dua  perusahaan  tersebut  memiliki  sejarah  yang berbeda  mereka  dapat menyatukan  misi  dan  dapat  bekerjasama  untuk  saling  menopang  satu sama  lainnya  yang  membuat  mereka  sukses.  Margarine  Unie  tumbuh  besar lewat  proses  merger  dengan  perusahaan-perusahaan  margarin  lainnya pada  1920-an.  Sementara  itu,  Lever  Brothers  dibentuk  oleh  pengusaha
bernama  William  Hesketh  Lever  pada  1885.  Lever  mengembangkan  bisnis produk  sabunnya  dengan  cara  mendirikan  perusahaan  sabun  di  seluruh penjuru  dunia.  Dan  pada  1917  Lever  mulai  merambah  ke  diversifikasi produk  makanan,  es  krim,  ikan,  serta  berbagai  jenis  makanan  kaleng.  Kedua  hal  yang  biasanya  sangat  krusial  untuk  disatukan,  mereka  dapat  atas dengan  cara  bekerjasama  dan  dapat  bekerja  secara  profesional  menjadi satu  tubuh  dalam  ruang  yang  sangat  lebar.
Pentingnya  arti  kerjasama  dengan  orang  lain  telah  digambarkan  oleh Unilever  dalam  menggapai  kesuksesan  mereka.  Mereka  sadar,  jika  tetap kukuh  berusaha sendiri  mereka  bisa jatuh  disebabkan  ketatnya  persaingan bisnis  sehingga  mereka  memutuskan  untuk  bekerjasama  sebagai formulasi jitu  agar  mereka  tetap  eksis.  Mereka  mengesampingkan  kepentingan  mereka  dengan  berdiri  dalam  satu  bendera  dengan  menyatukan  visi  dan  misi bersama  untuk  menggapai  tujuan.
Langkah  tersebut  juga  harus  ditiru  oleh  para  wirausahawan.  Hal  ini disebabkan  kemampuan  manusia  adalah  terbatas  yang  membutuhkan jasa  dan  tenaga  orang  lain  untuk  dapat  mengembangkan  bisnis  yang  dijalankan.  Untuk  itu,  hendaknya  Anda  mempertahankan  citra  diri  bangsa  kita untuk  saling  bekerjasama  untuk  menggapai  satu  tujuan  bersama  sehingga hasil  yang  akan  didapat  akan  lebih  efektif  dan  efesien  dengan  segmentasi
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer Blog